Home / Berita Umum / Tidak Hanya THR, Kemenkeu Akan Mencairkan Upah Ke 13 Buat PNS Pada Pertengahan Tahun Ini

Tidak Hanya THR, Kemenkeu Akan Mencairkan Upah Ke 13 Buat PNS Pada Pertengahan Tahun Ini

Tidak Hanya THR, Kemenkeu Akan Mencairkan Upah Ke 13 Buat PNS Pada Pertengahan Tahun Ini – Pegawai Negeri Sipil (PNS) ‎akan kembali memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun ini. Tetapi bagaimana dengan beberapa Pegawai Pemerintah dengan Kesepakatan Kerja (PPPK)?

Kepala Tubuh Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan, tidak hanya PNS, PPPK akan memperoleh besaran THR yang sama, sesuai proporsinya.

“Semua sama (besarannya),” tutur ia di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Akan tetapi, Bima akui belum dapat pastikan apa PPPK yang baru ikuti penerimaan pada Februari 2019 akan memperoleh THR di tahun ini. Karena, sampai sekarang ini beberapa PPPK itu belum mulai kerja.

“Tetapi apa mereka dapat mulai saat ini, itu yang saya belum tahu. Sebab kan mereka belum mulai kerja,” tandas ia.

Sudah diketahui, PNS akan terima THR pada 24 Mei. Seterusnya, PNS akan terima upah ke-13 pada pertengahan tahun ini.

Pemerintah juga sudah mempersiapkan budget yang semakin besar mengingat upah PNS alami kenaikan sebesar 5 % tahun ini.

Selesai THR Cair, PNS Bisa Upah ke-13
Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan terima Tunjangan Hari Raya (THR) pada 24 Mei. Seterusnya, PNS akan terima upah ke-13 pada pertengahan tahun ini.

Direktur Jenderal Daftar Kementerian Keuangan, Marwanto Harjowiryono, menjelaskan jika pencairan THR serta upah ke-13 akan dikerjakan sesuai agenda yang sudah dipastikan. Untuk upah 13 akan dicairkan waktu masuk tahun ajaran baru.

“Upah ke-13 kan diberi kelak mendekati tahun ajaran baru, jadi apakah itu. Iya (Juli) itu,” katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Pemerintah juga sudah mempersiapkan budget yang semakin besar mengingat upah PNS alami kenaikan sebesar 5 % tahun ini.

Marwanto membetulkan ada menambahkan budget THR serta upah ke-13 di 2019. Dimana, semasing budget bonus itu akan dicairkan sebesar Rp 20 triliun.

“Iya (THR) Rp 20 triliun, upah ke-13 sama Rp 20 triliun,” tutur ia.

Dengan begitu bila dibanding dengan pencairan THR serta upah ke-13 tahun kemarin, karena itu keseluruhannya alami kenaikan seputar Rp 4,24 triliun. Karena, pada 2018 tertera, pemerintah menganggarkan dana Rp 35,76 triliun untuk THR serta upah ke-13.

Sediakan RP 20 Triliun
Awalnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mempersiapkan budget Rp 20 triliun untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2019. Pencairan THR PNS gagasannya akan dikerjakan pada 24 Mei.

“Untuk anggarannya keseluruhan, jika saya tidak salah Rp 20 triliun yang terbagi dalam THR,” tutur Sri Mulyani selesai hadir DhawaFest di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Sri Mulyani meneruskan, ketentuan pemerintah (PP) tentang pencairan THR sudah dipublikasikan oleh Presiden Joko Widodo waktu lalu. Sesaat untuk Ketentuan Menteri Keuangan (PMK) sebagai landasan pencairannya akan diedarkan ini hari.

“PP nya telah di tandatangani Pak Presiden. PMK nya kita tuntaskan ini hari. Serta setelah itu semua kementerian instansi serta wilayah telah mulai bisa lakukan proses untuk ajukan,” tuturnya.

Tidak hanya THR, Kemenkeu akan mencairkan upah ke 13 buat PNS pada pertengahan tahun ini. Hal itu untuk menolong beberapa perangkat negara dalam penuhi cost pendidikan bagian keluarga.

“Kelak untuk upah ke 13 baru kita bayarkan pada pertengahan tahun karenanya ialah menolong cost sekolah ASN. Jadi THR 24 Mei Insyaallah akan kita kerjakan sesuai proses yang saat ini telah berjalan serta 13 pada bulan seterusnya,” pungkasnya.

About admin