Home / Berita Umum / Sebanyak 28 Drum Limbah B3 Di Angkut Tanpa Dokumen

Sebanyak 28 Drum Limbah B3 Di Angkut Tanpa Dokumen

Sebanyak 28 Drum Limbah B3 Di Angkut Tanpa Dokumen – Direktorat Polair Polda Sumatera Utara (Sumut) amankan dua kapal kecil yang bawa drum berisi sampah bahan beresiko serta beracun (B3). Ke-2 kapal ditangkap sebab tidak bawa dokumen drum sampah B3.

Drum berisi sampah B3 itu didapatkan dari kapal kargo. Dalam momen ini, dua orang nakhoda serta empat anak buah kapal (ABK) juga ditangkap polisi di perairan Laut Belawan pada Jumat (5/7).

“Mereka bawa drum berisi sampah dari kapal kargo. Sekarang ini masih juga dalam kontrol petugas,” kata Wadir Polair Polda Sumut AKBP Untung Sangaji waktu dihubungi, Senin (8/7/2019).

Dua nakhoda yang ditangkap berinisial K (38) serta NA (30) adalah masyarakat Bagan Deli, Sumut. Penangkapan ini berawal waktu Team Patroli Sea Pembalap KP ATS-7006 mengadakan patroli di perairan laut Belawan.

Petugas curigai ada dua kapal tanpa ada nama. Sudah sempat berlangsung kejar-kejaran di antara polisi serta ke-2 kapal itu.

“Kejar-kejaran waktu petugas berupaya hentikan kapal,” kata Untung.

Sesudah ditangkap, petugas mengecek kapal serta temukan 28 drum yang disangka berisi sampah oli sisa. Ke-28 drum itu tidak diperlengkapi dokumen.

Atas tindakannya, beberapa aktor terancam dipakai Masalah 102 juncto 59 UU No 32 Tahun 2009 mengenai Perlindungan serta Pengendalian Lingkungan Hidup.

About penulis77