Home / Berita Umum / Penukaran Uang Sah Yang Sudah Disiapkan Oleh Bank Indonesia

Penukaran Uang Sah Yang Sudah Disiapkan Oleh Bank Indonesia

Penukaran Uang Sah Yang Sudah Disiapkan Oleh Bank Indonesia – Bank Indonesia (BI) bersama dengan perbankan sudah mempersiapkan 2.941 titik penukaran uang di semua Indonesia sepanjang periode Lebaran. Penukaran uang juga bisa dikerjakan semenjak Senin (13/5) lalu sampai Rabu (29/5) akan datang.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi menjelaskan jumlahnya itu bertambah hampir 2x lipat dari tahun kemarin sekitar 1.176 titik. Dia menjelaskan usaha penambahan titik penukaran uang uang masif ini untuk menahan terdapatnya penukaran uang palsu.

“Mengapa BI semangat perbanyak titik-titik penukaran uang? Sebab kami ingin sekali hapuskan pekerjaan orang tidak bertanggungjawab untuk uang palsu,” tuturnya, Jumat (17/5).

Oleh karenanya, dia menyarankan warga yang akan menukarkan uang untuk berkunjung ke tempat penukaran uang sah yang sudah disiapkan oleh Bank Indonesia atau perbankan yang lain. Dia menjelaskan service mobil kas keliling bank bukan sekedar mencapai beberapa tempat strategis tetapi melayani warga di daerah paling depan, terluar serta ketinggalan (3T).

BI mempersiapkan titik penukaran uang di dekat rest ruang serta Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada jalan mudik. Agenda penukaran uang sendiri diawali pada Senin (13/5) sampai Rabu (29/5).

“Kami minta agar warga menukar dalam tempat sah janganlah di tepi jalan,” paparnya.

Dia mengatakan faksinya sudah mempersiapkan uang untuk penuhi keperluan warga sepanjang periode Lebaran 2019 sebesar Rp217,1 triliun. Jumlahnya itu bertambah sebesar 13,5 % dari tahun kemarin sebesar Rp191,3 triliun.

Penambahan persiapan uang itu memperhitungkan terdapatnya kenaikan upah buat Perangkat Sipil Negara (ASN) dan libur cuti bersama dengan Lebaran yang lumayan panjang sampai sepluh hari, yaitu pada 30 Mei 2019 sampai 9 Juni 2019.

Perincian alokasinya, yaitu daerah Jawa non-Jabodetabek sebesar Rp84 triliun serta daerah Jabodetabek sebesar Rp51,5 triliun. Sedang daerah Sumatera sebesar Rp41,2 triliun serta daerah Indonesia Timur sebesar Rp40,4 triliun.

Sampai Kamis (16/5), BI mencatat penukaran uang sudah sampai Rp40,6 triliun atau 18,7 % dari alokasi uang yang disediakan bank sentra sekitar Rp217,1 triliun. Dia meramalkan penukaran uang akan semakin ramai waktu pencairan Tunjangan Hari Raya (THR).

“Memang minggu pertama masih tenang, tetapi kelak Senin (20/5) lihat telah mulai (ramai), sebab telah dapat mulai THR,” tuturnya.

About penulis77