Home / Berita Umum / Kemarau Panjang Acam Keringnya Pesawahan Di Ciamis

Kemarau Panjang Acam Keringnya Pesawahan Di Ciamis

Kemarau Panjang Acam Keringnya Pesawahan Di Ciamis – Musim kemarau telah menempa Ciamis sepanjang beberapa minggu paling akhir. Dinas Pertanian serta Ketahanan Pangan (DPKP) Ciamis menyebutkan minimal 1.040 hektare sawah alami kekeringan mudah serta sedang. Tanaman padi di tempat itu terancam puso.

Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis sekarang berusaha selamatkan tanaman padi di 1.040 hektare sawah itu. Buat sawah yang masih memakai sumber air diselamatkan dengan mengisap air memakai pompa.

“Yang puso belumlah ada, yang terserang kekeringan sekitar 1.040 hektar. Saat ini sedang serta terus diusahakan supaya tidak puso dengan memakai pompa air, untuk yang sumber airnya masih ada serta tidaklah terlalu jauh,” tutur Kepala DPKP Ciamis Kustini, Senin (1/7/2019).

Tempat sawah di Ciamis yang terancam puso itu menyebar di sejumlah kecamatan yaitu Lakbok, Banjarsari, Banjaranyar, Purwadadi, Pamarican serta Ciamis. Beberapa wilayah itu adalah lumbung padi di Ciamis.

Kustini menerangkan tempat sawah yang tidak bisa diselamatkan sekarang ini sebab salah penghitungan waktu tanam. Walau sebenarnya jauh-beberapa hari petani telah disuruh lakukan pemercepatan waktu tanam. Tetapi beberapa petani pilih tunda, hingga yang berlangsung sekarang tanaman terancam tidak berhasil panen.

Menurut dia sekitar 712 unit pompa air telah dialokasikan pada barisan tani di Ciamis untuk mengairi sawah yang dekat sumber air. Ditambah ada 3 unit mesin pompa air ukuran besar punya dinas yang dapat dioperasikan dengan mobile.

“Kami sudah menebar surat edaran bupati ke tiap kecamatan sampai tingkat desa untuk lakukan pengamatan intens pada sawah yang keadaannya terancam. Memang usaha penanggulangan kekeringan ini butuh loyalitas seluruh pihak,” tutur Kustini.

About penulis77